Baru atau sudah memulai bisnis tentu ini menjadi info yang menarik untuk cara beli kaos grosir dan tips menemukan supplier terbaik, Saat Anda memulai bisnis retail, salah satu hal pertama yang harus diketahui adalah di mana Anda akan menemukan produk untuk dijual.

Kebanyakan pengecer,reseller, dropshipper tidak membuat barang dagangannya sendiri. Sebaliknya, mereka mendapatkan produknya dari supplier grosir. Pedagang grosir tidak hanya merupakan sumber barang dagangan yang bagus, tetapi seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan bisnis Anda, mereka juga cukup fleksibel untuk mendukung Anda di sepanjang jalan.

Membeli secara grosir pada awalnya mungkin tampak sedikit misterius, itulah sebabnya kami membagikan kiat kami untuk membantu Anda memulai. Kami telah membantu pengecer melakukan bisnis yang lebih baik selama puluhan tahun.

Apa Artinya Membeli Grosir?

beli barang grosir

beli barang grosir

Membeli eceran dan grosir adalah dua hal yang berbeda. Ketika Anda membeli barang dagangan dari grosir, Anda berbelanja dari perantara antara toko eceran Anda dan pabrikan. Pembelian grosir hampir selalu dilakukan dalam jumlah besar, dan karena itu, Anda membayar harga diskon untuk pembelian tersebut. Setelah Anda membeli produk dari grosir, Anda kemudian dapat menjualnya di toko Anda sendiri dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan. Harga yang lebih tinggi ini disebut harga eceran, dan itulah yang akan dibayar pelanggan ketika mereka berbelanja di toko Anda.

Perbedaan antara harga eceran dan grosir disebut margin. Ini adalah jumlah keuntungan yang didapat pengecer dari penjualan. Harga eceran biasanya bervariasi antar bisnis, dan ada beberapa strategi penetapan harga berbeda yang dapat digunakan untuk menentukan harga eceran terbaik untuk Anda. Setelah Anda melakukan ini, Anda kemudian dapat menentukan laba kotor Anda.

Laba Kotor = Pendapatan – Harga Pokok Penjualan (COGS)

Dalam rumus di atas, pendapatan sama dengan harga eceran yang Anda kenakan kepada pelanggan Anda. COGS adalah metrik tingkat tinggi yang mencakup semua biaya variabel yang terkait dengan produksi dan penjualan barang. Biaya tetap tidak diperhitungkan dalam perhitungan laba kotor. Demi kesederhanaan, karena Anda membeli dari grosir alih-alih memproduksi produk sendiri, Anda dapat memperkirakan bahwa HPP Anda adalah harga yang Anda bayarkan untuk suatu produk.

Artinya, laba kotor adalah jumlah uang yang Anda hasilkan dari penjualan. Pengecer biasanya melakukan “markup” atau menaikkan harga barang yang mereka beli secara grosir sehingga mereka dapat memperoleh keuntungan. Contoh yang bagus adalah membeli kaos dengan harga grosir 20rb dan kemudian menjualnya di toko Anda seharga 100rb.

Dalam kasus ini, markupnya adalah 80rb, dan laba kotor dari penjualan tersebut adalah 80rb. Ingatlah hal ini saat membeli inventaris untuk toko Anda. Jika harga grosir Anda terlalu tinggi, itu akan mempengaruhi profitabilitas bisnis Anda secara keseluruhan.

Demikian pula, harga yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda harus konsisten dengan pasar tempat Anda berada. Lebih mudah bagi pelanggan untuk menemukan alternatif secara online atau di toko lain. Penetapan harga adalah salah satu cara agar Anda tetap kompetitif dan mempertahankan loyalitas pelanggan.

Penetapan harga juga penting bagi pedagang grosir, dan banyak dari mereka akan menetapkan persyaratan pesanan minimum sebelum Anda dapat berbisnis. Pesanan minimum adalah jumlah minimum produk yang dapat dibeli pengecer dari grosir untuk berbisnis. Pedagang grosir menetapkan nilai minimum ini untuk mencapai target pendapatan dan profitabilitas mereka.

Karena Anda harus memesan produk dalam jumlah yang lebih banyak untuk memenuhi persyaratan pesanan minimum, sebaiknya pesan barang terlaris Anda dari grosir. Anda harus dapat menggunakan sistem POS Anda untuk dengan mudah menemukan penjual terbaik Anda dan melihat mana yang paling menguntungkan.

Beberapa Tips Beli kaos Grosir dan Menemukan Supllier Tangan Pertama

cari supplier grosir tanah abang

Cara Menemukan Pedagang Grosir

Ada beberapa cara untuk menemukan pedagang grosir tangan pertama. Kamar dagang lokal Anda sering kali merupakan tempat yang baik untuk memulai. Jika Anda berhubungan dengan pemilik bisnis lain, crowdsourcing dari jaringan Anda adalah cara hebat lainnya untuk mendapatkan info tentang grosir mana yang harus Anda perhatikan dan mana yang harus Anda hindari. Jika Anda mencari produsen di luar negeri, Alibaba adalah pasar online populer dengan ribuan pengecer, grosir, dan produsen.

Ada juga banyak produsen di situs web seperti eBay dan Etsy atau lokal Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan bisa juga secara offline datang langsung ke pusat grosir terbesar asia tenggara yaitu pusat grosir tanah abang . Meskipun pasar tersebut umumnya dapat melayani audiens yang berbeda, pasti ada tumpang tindih. Untuk fitur perpesanan di kedua platform, sangat mudah untuk menghubungi pemasok dari seluruh dunia.

Cara Memilih Pedagang Grosir

Setelah Anda menyusun daftar grosir yang Anda minati, Google mereka dan membaca ulasan online dari pengecer lain yang telah bekerja sama dengan mereka. Itu akan memberi Anda gambaran yang baik tentang apakah mereka layak untuk dihubungi atau tidak. Setelah Anda mempersempit daftar Anda menjadi pilihan utama Anda, berikut adalah daftar pertanyaan yang harus diajukan ketika memilih grosir:

Barang Dagangan Apa yang Anda Jual?

Jika Anda menjual berbagai macam barang atau jika Anda berencana untuk membuat toko Anda sangat spesifik, Anda harus memilih mitra grosir yang menyediakan produk yang Anda butuhkan. Anda dapat bekerja dengan grosir yang berbeda sebanyak yang Anda butuhkan untuk mendapatkan inventaris yang Anda inginkan. Namun, pastikan jenis barang dagangan yang ditawarkan grosir ini sesuai dengan jenis toko yang Anda jalankan sehingga merek Anda konsisten.

Berapa Harga Anda?

Anda menjual barang dagangan yang Anda beli dari grosir untuk mendapat untung. Saat memilih pemasok, pastikan Anda bisa mendapatkan harga yang memungkinkan Anda mencapai margin keuntungan yang Anda inginkan.

Apakah Pedagang Grosir Dapat Dipercaya?

Jangan bekerja dengan orang yang tidak dapat Anda andalkan atau percaya. Pedagang grosir yang terlambat mengirimkan barang, tidak sama sekali, atau secara konsisten muncul dengan barang rusak tidak baik untuk bisnis. Pastikan Anda mendapat agen grosir yang tepat. Jika Anda ingin usaha dibidang clothing bisa memesan di grosir kaos distro DR DAVE Clothing.

Apakah Mereka Memiliki Layanan Pelanggan yang fast respon?

Pastikan setiap perusahaan tempat Anda bekerja memiliki tim layanan pelanggan yang andal yang dapat Anda hubungi dengan mudah saat dibutuhkan. Jika Anda harus melewati rintangan untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda atau layanan pelanggan mereka tidak pernah ada saat Anda membutuhkannya, Anda mungkin memerlukan mitra grosir baru.

Seberapa Banyak Yang Mereka Ketahui Tentang Produk?

Mitra grosir yang Anda pilih harus memiliki pemahaman yang kuat tentang produk yang mereka jual. Anda tidak hanya dapat membagikan informasi itu dengan pelanggan Anda, tetapi juga memberi Anda kesempatan untuk memastikan bahwa Anda memiliki mitra yang mendukung kualitas dan kinerja dari apa yang mereka jual. Pedagang grosir yang tidak dapat menjawab pertanyaan Anda tentang produk mereka mungkin sadar barang dagangan mereka bukan yang terbaik, atau kurangnya pengetahuan mungkin berarti mereka tidak peduli. Bagaimanapun, mitra bisnis yang baik akan dapat menjawab pertanyaan Anda dengan memadai.

Bisakah Mereka Membantu Anda Mengirimkan?

Jika Anda menjual produk secara online, mungkin ada baiknya menanyakan apakah grosir Anda dapat membantu Anda mengirimkan barang. Pengiriman drop adalah metode pemenuhan di mana grosir menyimpan inventaris Anda dan menangani pengiriman Anda. Ketika seseorang memesan dari toko eCommerce Anda, Anda meneruskan informasi pesanan mereka ke grosir Anda, dan mereka mengirimkannya langsung ke pelanggan Anda.

Baca Juga : Cara Mengembangkan Bisnis Fashion Khususnya Grosir

Pengiriman drop adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin menghemat biaya penyimpanan dan pengiriman, tetapi ini adalah cara yang jauh lebih lepas tangan dalam berbisnis. Jika Anda memutuskan untuk mengirim, pastikan Anda meminta grosir Anda untuk mengirimkan sampel dari setiap produk yang Anda jual untuk memastikan bahwa kualitasnya sesuai dengan standar Anda.

Beberapa Faktor Lain yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Grosir?

Temukan Reorder Points Anda

Selain mencari tahu barang mana yang akan dibeli, Anda harus menghitung berapa banyak yang perlu Anda beli. Untuk menghindari underestimating, gunakan kalkulator gratis ini untuk menemukan titik pemesanan ulang Anda untuk setiap item.

Tidak apa-apa untuk Bernegosiasi

Jangan takut untuk menegosiasikan harga barang saat Anda membutuhkannya. Beri tahu pemasok jika penjualan Anda berjalan baik dan berapa banyak bisnis yang dapat mereka harapkan dari Anda untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih baik. Bersikaplah jujur ​​dan adil dalam negosiasi Anda untuk membentuk hubungan jangka panjang dengan grosir Anda.

Atur Ruang Penyimpanan

Terakhir, sebelum pesanan grosir Anda tiba, Anda juga harus memiliki tempat yang terorganisir untuk menyimpannya (kecuali Anda mengirim barang). Memiliki ruang penyimpanan dengan rak yang memadai membuat menemukan berbagai bagian inventaris Anda jauh lebih mudah. Menjaga hal-hal berlabel akan memastikan Anda tidak kehilangan jejak apa pun.

Kesimpulan

Mencari tahu cara membeli barang dagangan grosir merupakan langkah penting dalam meningkatkan keuntungan dan inventaris Anda. Itulah mengapa penting untuk meluangkan waktu untuk menghitung untuk memastikan Anda membeli dan menjual barang dagangan dengan harga yang sesuai untuk Anda dan bisnis Anda.

Bekerja sama dengan grosir yang menjual produk berkualitas tinggi, dapat diandalkan, dan dapat mendukung pertumbuhan Anda. Dengan mengajukan pertanyaan yang tepat dan mengetahui angkanya, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk membuat keputusan yang lebih cerdas untuk mengembangkan bisnis Anda.

Demikian pembahasan tentang cara membeli barang grosir dan cara mencari supplier tangan pertama, yang wajib Anda coba jika ingin memulai usaha.

Open chat
Chat Admin
Welcome to DR. DAVE Clothing Grosir.
Chat aja yuk gabung grup WA biar cepat, jarang update stok diwebsite dikarenakan produk sold out kilat!